Minggu, 18 Agustus 2013

Serba-Serbi Minyak Rambut Pria [WAX/GELL/CREAM/FOAM,DLL]

tutusberita : Jaman sekarang urusan rambut bukan cuma urusan cewek, kita sebagai pria juga pasti concern sama yang namanya tata rambut..
Nah untuk menata rambut tentu di butuhkan yang namanya minyak rambut. Di kebanyakan daerah ada beberapa jenis minyak rambut yang beredar di masyarakat. Ada yang berjenis WAX, ada juga Gel, dan juga Cream.

Tapi anda udah tau belum sebenernya perbedaan dari jenis-jenis minyak rambut tersebut apa? hmm, untuk yang belum tau disini Saya mau jelasin serba-serbi tentang minyak rambut tersebut.
Minyak rambut berdasarkan Jenis :

HAIR WAX



















Hair wax mengandung oil/minyak wax (lilin) yang dapat merekat kuat padarambut sehingga rambut mudah ditata setiap saat. Butiran oil wax mampu menyebar keseluruh bagian rambut sehingga rambut dapat ditata ulang dan tanpa terasa lengket.

Hair wax lebih seperti gel. Namun lebih banyak ragamnya dan lebih mudah digunakan daripada gel. Baik digunakan buat rambut panjang maupun pendek. Meski menggunakan helm, type wax sangat mudah ditata ulang kembali. Untuk rambut pendek, wax sangat baik. Biasanya banyak digunakan dengan type rambut yang terkesan acak. Biar mengembang atau lebih nggak terstruktur. Sangat disarankan buat cowok untuk menggunakan type minyak rambut ini. Kekurangannya, dapat memberikan efek kesehatan pada kepala seperti ketombe jika tidak keramas pada malam hari.

Tips : Setelah mengambil wax di tangan, hangatkan dengan menggosok-gosok telapak tangan sebelum memakaikannya. Trik ini membuat wax lebih efektif membentuk rambut. Pastikan wax tersebar merata pada rambut.

HAIR GEL/WATER GLOSS


Hair gel/ water gloss mengandung resin yang dapat melapisi rambut dengan kuat dan kaku. Selain itu, Hair gel/Water gloss pun mengandung unsur air/ water yang dapat membuat rambut tampak basah dan berkilau.

Sangat cocok untuk rambut yang berdiri semacam mohawks. Namun disaranin jangan dipakai saat menggunakan helm. Karena pasti akan hancur. Penggunaannya yang terlalu banyak membuat rambut kaku. Jika ke mal, segeralah basahi rambut dan tata ulang. Kelebihannya bila digunakan saat acara-acara entah siang atau malam hari, gel dapat bertahan. Tapi hati-hati dilihat cewek, dikira rumput berjalan

Tips : Terlalu banyak gel akan mengakibatkan rambut jadi lepek dan menghilangkan fungsinya. Cukup satu sendok makan saja takarannya. Biar gel aktif kembali setelah dipakai seharian, semprotkan saja rambutmu dengan sedikit air dan acak rambut dengan jari.

HAIR CREAM


Hair cream merupakan emulsi yang mengandungsetting agent yang dapat mempengaruhi daya set pada rambut. Kandungan oil/minyak pada emulsi tersebut menghasilkan efek kemilau pada rambut.

Sangat banyak sekali cowok-cowok menggunakan type minyak rambut ini. Selain membuat rambut terlihat basah, minyak ini dapat memberikan kesehatan. Lihat saja beberapa merek yang menyebutkan anti dandruf dan lainnya. Kesan basah dan rapi adalah kelebihan minyak rambut cream. kekurangannya, jika sedang aktivitas diusahakan jangan menggunakan type ini karena saat beraktivitas kandungan minyak akan turun ke kepala yang membuat wajah kita sangat berminyak.

HAIR FOAM


Bentuknya seperti busa sabun, Fungsi utama dari produk ini adalah untuk mengontrol tatanan rambut agar bertahan lama dan menjaga agar rambut tidak lemas.

Walaupun memiliki fungsi yang kurang – lebih sama dengan gel rambut, namuan sebagian besar penata rambut lebih memilih menggunakan foam dibanding dengan gel.

Ini dikarenakan foam tidak begitu lengket di rambut

HAIR SPRAY


Hair spray mengandung styling agent yang dapat membuat mempertahankan tatanan rambut dengan kuat. Biasanya hair spray ini digunakan setelah rambut selesai ditata.

Tips : Semprotkan hairspray kurang lebih 30 cm dari rambut. Jangan terlalu dekat karena residu hairspray akan meninggalkan bercak putih pada rambut.

HAIR POMADE


Memberikan efek berkilau pada rambut karena kandungan oil/minyak pada hair pomade merupakan hal yang paling utama.

Pomade merupakan zat berminyak dan lilin yang digunakan untuk gaya rambut. Pomade membuat rambut tampil apik, rapi dan mengkilap. Tidak seperti hair spray dan gel rambut, minyak rambut tidak akan mengering dan sering membutuhkan beberapa kali keramas untuk membersihkannya.

HAIR LOTION


Hair lotion mengandung setting agent yang dapat mempengaruhi daya set pada rambut. Bahan lotion dapat merata dengan baik disetiap sela bagian rambut yang dapat membuat rambut tertata kuat dengan baik.


NB :
Kenapa Manusia Butuh Model Rambut?

Bagi sebagian kecil orang, memang model rambut tak begitu diperhatikan. Terkesan begitu sepele. Namun bagi sebagian besar orang, model rambut adalah masalah penting. Kenapa penting? Karena rambut tergolong penampilan juga.

Kalo anda tidak percaya anda bisa melihat pegawai bank yang laki-laki. Penampilan rambutnya selalu menarik untuk dilihat dan cukup jarang sekali mereka tidak memberi minyak rambut pada mahkota kepalanya tersebut. Mungkin pun, kebanyakan mereka menggunakan Gatsby.

Itu masih pegawai bank. Belum lagi para artis dan motivator. Mereka selalu berubah-ubah jenis model rambutnya. Ini menunjukkan bahwa model rambut begitu penting bagi mereka. anda bisa lihat gaya rambut yang dimiliki Ippho Santosa, motivator terkenal. Ia selalu mengubah-ubah model rambutnya.
Ini artinya, bagi orang yang selalu berhubungan dengan orang lain model rambut menjadi hal urgen. Tentu saja, orang yang menjadi klien atau yang berhubungan dengannya juga orang yang selalu menjaga penampilan rambutnya.

Nah, kalo anda ingin memiliki model rambut yang bagus. anda bisa bertanya langsung ke pegawai salon tentang model rambut seperti apa yang layak untuk anda. Tak usah sungkan. Tanya saja. Ini penting karena mereka yang paham dengan bentuk dan karakter rambut anda.

Memang, anda juga bisa mencari informasinya dari majalah dan koran, namun tetap saja anda tidak tahu tentang kepantasan rambut anda untuk dibentuk dengan model tersebut dan juga harus sesuai bentuk kepala anda. Mungkin saja, anda melihat model rambut yang ingin anda tiru itu kelihatan bagus. Namun perlu anda ingat, model rambutnya kelihatan bagus karena sesuai dengan bentuk kepalanya.

Karena itu, disarankan agar anda untuk bertanya langsung pada pihak salon. Sehingga anda pun bakal puas ketika setelah dicukur atau dipotong rambut anda ternyata memang kelihatan menarik. Daripada anda minta sendiri namun setelah dipangkas oleh pegawai salon ternyata tidak menarik dipaganng mata, maka anda yang rugi.

Hubungan Bentuk Rambut dan Bentuk Wajah

Pada saat ini banyak orang melakukan pemilihan model rambut hanya memfokuskan pada foto model rambut yang ingin ditiru, tanpa pernah melihat pada bentuk wajahnya persis sama atau tidak.
Untuk itu, perlu dijelaskan sedikit tentang jenis bentuk wajah dan bentuk rambut yang sesuai.

1. Wajah Persegi

Jika wajah Agan persegi, yaitu memiliki dahi yang lebar, tulang pipi dan rahang yang seimbang. Jika rambut Anda lurus, maka model rambut yang memiliki belahan tengah kelihatan lebih baik.
Agar rambut anda kelihat mengkilat dan terlihat rapi, jangan lupa gunakan Gatsby. Pasalnya, jika anda tak memberikan minyak pada rambut anda tersebut kurang kelihatan begitu rapi nantinya.

2. Wajah Memanjang

Anda pasti kenal dengan Rafii Ahmad, bukan? Nah, wajah memanjang itu persis seperti wajahnya rapi Ahmad. Maka style rambut yang lurus cocok untuk meniru model rambutnya rafii Ahmad. Dengan adanya sedikit semacam poni ke depan.

Meski bentuk wajah memanjang bisa dibentuk model rambut yang agak tegak di tengahnya, namun akan kelihatan lebih rapi jika dibenuk dengan sedikit ada poni didepannya. Karena dapat membuat wajah anda menjadi terlihat lebih panjang.

3. Wajah Hati

Jika Agan ingin melihat wajah hati, maka lihatlah wajah Juestin Bieber. Wajah yang memiliki dahi yang lebar dengan tulang pipi tinggi dan bentuk dagu meruncing. Untuk rambut lurus, maka model rambut yang cocok adalah belahan rambut menyamping untuk mengalihkan perhatian dahi ke daerah mata. Pokoknya, jika ingin meniru maka tirulah gaya rambut Juestin Bieber.

4. Wajah Bulat

Wajah bulat adalah wajah yang sudah umum dilihat. Karena itu, untuk model wajah seperti ini maka bentuk rambut yang pas adalah dengan gaya rambut yang bersusun. Jika dipotong dengan model pendek juga pas. Ini semua hanya cocok untuk rambut yang lurus.
Jika rambutnya ikal atau keriting, maka saran ane lebih tanya langsung ke salon. Model rambut yang seperti apa yang pantas untuk wajah bulat.

5. Wajah Oval

Jika Agan memiliki wajah oval, maka bersyukurlah. Wajah ini mau dibuat apa pun model rambutnya selalu pas. Bahkan, dalam bentuk rambut panjang maupun pendek tetap kelihatan oke.

Namun kelihatannya lebih tepat adalah ketika ia mau meminyaki rambutnya dengan menggunakan gatsby. Tanpa ada minyak dirambutnya tetap saja kurang kelihatan menarik untuk dipaganng mata.

Nah, kini setelah Agan mengetahui fungsi minyak rambut dan model rambut. Sudah saatnya anda mencek jenis rambut yang mana yang pas untuk Agan. Jika anda masih bingung, lebih anda bertanya langsung ke salon.

Karena mereka yang memotong atau mencukur rambut anda sehingga kelihatan benar-benar menjadi menarik. Jika rambut sudah oke, penampilan Agan dari sisi pakaian juga sudah oke, maka tak perlu anda ragukan lagi, orang lain pastinya bakal selalu senang berjumpa dengan anda.

kaskus.co.id

1 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih kak

Posting Komentar